Sunday , July 21 2019
Home / berita / Dinas Perikanan Pandeglang, Dukung Program  Gemar Makan Ikan

Dinas Perikanan Pandeglang, Dukung Program  Gemar Makan Ikan

Sebagai instansi teknis yang membidangi sektor perikanan di daerah, Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang merasa berkewajiban untuk mendukung program pemerintah pusat yang dimotor oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, salahsatunya adalah Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Gemarikan merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam meningkatkan konsumsi ikan dalam negeri.

Tingkat konsumi ikan yang tinggi tentu akan berpengaruh juga pada industri perikanan, sehingga mereka bisa menghela napas ditengah himpitan persaingan industri perikanan yang semakin berat.

Saat ini menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti. Tingkat konsumsi ikan di Indonesia termasuk rendah, dan harus ditingkatkan agar derajat kesehatan manusia negeri ini meningkat

Hal senada juga disampaikan leh Sekjen KKP, Rifky Effendi seperti di lansir dari laman detik.“kita sekarang baru 41 kilogram per kapita per tahun. Relatif rendah dibandingkan negara maju, misalnya Singapura 80 kilogram per kapita per tahun, Malaysia 70 kilogram per kapita per tahun, Jepang hampir 100 kilogram per kapita per tahun. Ucap Rifky.

 Dukungan Bupati dan Dinas Perikanan Pandeglang

Menyadari pentingnya gizi ikan untuk kesehatan masyarakat Pandeglang, Bupati Pandeglang dan Dinas Perikanan juga terus menggalakan gerakan memasyarakatkan makan ikan hingga ke sekolah-sekolah.

Sekretaris Dinas Perikanan, Winarno, S.PT., MM juga mengakui bila program itu sangat bagus dan harus didukung oleh semua pihak, tak hanya Dinas Perikanan.

“Program makan ikan ditempuh dengan berbagai upaya, mulai dari acara gerakan makan ikan, dengan mengajari anak sedini mungkin ikan, hingga lomba cipta menu berbahan dasar ikan menjadi beberapa cara agar konsumsi ikan di Pandeglang meningkat” ujar Sekdin yang murah senyum itu.

“Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan diharapkan berpengaruh pada meningkatnya konsumsi ikan di Pandeglang,” tutup Win.

 

About perikanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *