Tuesday , March 26 2019
Home / berita / Tren Positif Asuransi Nelayan di Pandeglang

Tren Positif Asuransi Nelayan di Pandeglang

Respon nelayan di Kabupaten Pandegalng, terhadap Asuransi Nelayan dianggap positif. Hal ini terbukti dengan jumlah nelayan yang mengikuti asuransi melampaui kuota yang ditetapkan untuk tahun 2017.

Kuota asuransi nelayan di Kabupaten pandeglang untuk tahun 2017 hanya 3000 peserta, sementara jumlah mereka yang telah terdaftar di Dinas Perikanan mencapai 3,313. Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Andriawan mengakui bahwa solusi dari surplus kuota itu akan dicari dari daerah lain yang tidak terpakai.

Dinas Perikanan memang serius menggarap asuransi nelayan di Pandeglang, hingga kini tercatat, sudah lebih dari 6 ribu peserta asuransi nelayan di Pandeglang. Tahun 2016, jumlah nelayan yang mengikuti asuransi mencapai 3,469 peserta, dengan jumlah klaim sebanyak 18 orang .

Meski program asuransi nelayan terbilang sukses di Kabupaten Pandeglang, namun Dinas Perikanan yang kini dipimpin oleh Wowon Dirman itumasih memiliki Pekerjaan Rumah yang harus segera dituntaskan kedepannya.

Dinas Perikanan masih harus membujuk  sekitar 5000an nelayan lagi. Sebab meski menurut data saat ini jumlah nelayan ada 7000 jiwa, namun secara faktual diperkirakan berada di kisaran 11,000 jiwa.

Sejatinya, Asuransi Nelayan merpakan terobosan untuk menjamin kesejahteraan nelayan. Sebab nilai bantuan yang diberikan juga tergolong tinggi.

Namun permasalahan utama dalam program ini adalah kesadaran nelayan dalam mengasuransikan dirinya masih perlu ditingkan. Padahal hal itu sangat penting untuk kehidupan mereka.

About perikanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *