Tuesday , December 10 2019
Home / berita / DINAS PERIKANAN LAKUKAN SOSIALISASI KEPADA NELAYAN UNTUK PENINGKATAN PAD

DINAS PERIKANAN LAKUKAN SOSIALISASI KEPADA NELAYAN UNTUK PENINGKATAN PAD

Kajari Pandeglang Ibu Nina Kartini, SH didampiongi kepala Dinas Perikanan Ir. H. Wowon Dirman,MM  menyampaikan materi pada kegiatan optimalisasi Tempat Pelelanga Ikan.

 

Dalam rangka peningkatan PAD, Dinas perikanan melakukan sosialisasi peda nelayan melalui Kegiatan Optimalisasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  yang dilaksanakan oleh bidang perikanan tangkap pada bulan maret – Agustus 2019 dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran nelayan dalam melakukan transaksi pelelangan di TPI.  Tempat pelelangan ikan yang ada di Kabupaten Pandeglang sebanyak empat belas yaitu  TPI Sukanegara,TPI Carita, TPI Labuan I, TPI Labuan II, TPI Labuan III,  TPI Sidamukti, TPI Panimbang, TPI Citeureup, TPI Banyuasih, TPI Sumur, TPI Cigorondong, TPI Tamanjaya, TPI Rancecet dan TPI Cikeusik.   TPI dibangun oleh Pemerintah agar para nelayan bisa menjual hasil tangkapan ikannya sehingga mendapatkan harga yang layak, disamping itu juga Pemerintah memperoleh PAD dari retribusi pelelangan ikan.  Permasalahan yang ada saat ini diantaranya adalah masih banyak nelayan yang belum melakukan transaksi jual beli/lelang di TPI. Kegiatan ini dilaksanakan di TPI Sidamukti Panimbang dan Citeureup, Peserta  sebanyak 70 orang terdiri dari Tim Teknis 10 Orang, Manager dan Kasir 6 orang, serta Nelayan sebanyak 54 orang.   Jenis Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Sosialisasi, Koordinasi dengan beberapa pihak ( Camat, Kepala Desa dan aparat terkait ), Rapat Tim Teknis dan kunjungan Tim Teknis kepada para nelayan yang belum melaksanakan lelang di TPI. (Uu)

About perikanan

Check Also

DINAS PERIKANAN PERSIAPKAN LOKASI BUDIDAYA KERANG HIJAU

Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang mempersiapkan  calon lokasi budidaya kerang hijau. Pengecekan dilaksanakan pada hari Selasa, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *