Monday , October 21 2019
Home / berita / Kegiatan Pemberdayaan POKLAHSAR (Kelompok Pengolah dan Pemasar)

Kegiatan Pemberdayaan POKLAHSAR (Kelompok Pengolah dan Pemasar)

Kabid beserta kasi berfoto dengan peserta kegiatan

Pemerintah Kab. Pandeglang melalui  melalui Dinas Perikanan melaksanakan kegiatan pemberdayaan kelompok pengolah dan pemasar hasil perikanan. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan  yang terintegrasi dari hulu ke hilir dalam rangka memberikan jaminan terhadap produk hasil perikanan yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha sejak pra produksi sampai dengan pendistribusian agar dapat memenuhi persyaratan kesehatan ikan dan aman untuk dikonsumsi manusia.

Kegiatan Pemberdayaan Kelompok Hasil Perikanan dilaksanakan pada hari rabu tanggal 20 Februari 2019 di Kecamatan Sumur dengan jumlah peserta sebanyak 50 Orang, pada hari senin tanggal 25 februari di Kecamatan Labuan, pada hari selasa tanggal 05 Maret 2019 di Kecamatan Panimbang dan pada hari senin tanggal 11 Maret 2019 di Kecamatan Carita, pada hari Jumat tanggal 22 Maret 2019 di Kecamatan Sukaresmi

Meningkatkan pengelolaan pemanfaatan pemasaran dan pengembangan sumber daya kelautan dan perikanan.Terlaksanannya pemberdayaan kelompok pengolah dan pemasar.Meningkatnya produksi dan pendapatan kelompok pengolah dan pemasar hasil perikanan. Adanya temu usaha antara pengusaha dengan kelompok pengolah dan pemasar serta adanya data sosek kelompok

Peserta sosialisasi ini merupakan Poklahsar, komoditas kerupuk ikan, ikan asin jambal dan pemindangan.Pemaparan materi oleh Narasumber yang merupakan Kepala Dinas, Kepala Bidang dan Kepala Seksi.Materi pembinaan tentang bentuk-bentuk produk inovasi (kering, basah, semi basah atau lainnya). Dinamika kelompok : kelompok harus tau tentang formulasi inovasi baru, imitasi, modifikasi, dan jenis-jenis pengemasan yang biasa digunakan untuk mengemas produk hasil perikanan.

Tempat pelaksanaan di Villa Griye Nyimas yang ada di Kec.Panimbang Peserta sosialisasi ini diikuti oleh 100 Orang Poklahsar yang ada di Kec.Panimbang  Pemaparan materi oleh Narasumber oleh Kepala Dinas, Kepala Bidang dan Kepala Seksi. Praktek pengolahan oleh penyuluh perikanan kab. Pandeglang yaitu Aneu Goesti Ayu dan Indri,S.Pi. Materi tentang cara pengolahan bahan baku ikan menjadi samosa dan roti isi abon. Dinamika kelompok ; kelompok harus mampu membuat bahan baku ikan menjadi olahan yang mempunyai harga jual lebih dengan cara diolah menjadi samosa dan abon untuk roti isi. Praktek pengolahan bahan baku ikan menjadi roti isi abon dan samosa ikan. (fz)

About perikanan

Check Also

DINAS PERIKANAN LAKUKAN SOSIALISASI KEPADA NELAYAN UNTUK PENINGKATAN PAD

  Dalam rangka peningkatan PAD, Dinas perikanan melakukan sosialisasi peda nelayan melalui Kegiatan Optimalisasi Tempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *