Wednesday , November 13 2019
Home / berita / DINAS PERIKANAN PANDEGLANG GELAR FESTIVAL BELAH IKAN

DINAS PERIKANAN PANDEGLANG GELAR FESTIVAL BELAH IKAN

Dinas Perikanan menggelar Festival Belah Ikan yang dihadiri oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita, kegiatan ini bertempat di Balai Budidaya Ikan Air Tawar dan Ikan Hias Cikoromoy , Desa Kadubumbang Kecamatan Cimanuk, Rabu(09/10).

sambutan ibu bupati dalam acara festival belah ikan di BBIAT Cikoromoy.

“Festival Belah Ikan merupakan kegiatan inovasi di tahun 2019 dalam rangka meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Kabupaten Pandeglang, melalui kegiatan ini, kami  memberikan pemahaman kepada masyarakat akan manfaat mengkonsumsi ikan yang mengandung protein tinggi dan omega 3 yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan otak, sehingga sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Selain itu kami juga memberikan penyuluhan tentang cara mengolah ikan yang baik supaya kandungan nutrisi ikan tetap terjaga, dan juga cara mengolah ikan yang bervariasi agar menarik untuk dikonsumsi, salah satunya dengan memberikan pengetahuan dalam seni membelah ikan.” Tutur bapak Wowon Dirman selaku Kepala Dinas Perikanan.

Peserta Kegitan festival belah ikan ini diikuti 14 kelompok, yang melibatkan para pegawai Dinas Perikanan, Penyuluh Perikanan, kelompok pembudidaya ikan dan masyarakat sekitar, Serta ibu Bupati dan jajaranya berpartisipasi dalam perlombaan tersebut, metode belah ikan yang dilombakan yaitu Belah Punggung, Belah Perut, Fillet, Belah Burung Terbang, ODOT (Buang Usus dan Insang tanpa Belah Perut). “Dengan banyaknya peserta yang terlibat diharapkan dapat meningkatkan tali silaturahmi antara pegawai dinas dan masyarakat serta kelompok pembudidaya ikan”. Ujar Winarno selaku Sekretaris Dinas Perikanan.

Bupati Pandeglang berpasrisipasi dalam Lomba Belah Ikan.

Bupati Pandeglang mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan Festifal Belah Ikan ini dapat memberikan edukasi mengenai pentingnya mengkonsumsi ikan untuk pemenuhan gizi keluarga. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi program unggulan Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang dan sebagai Motivasi bagi para penyuluh, dan aparatur Dinas Perikanan untuk dapat mengeluarkan ide dan program program unggulan lainya. “Saya menaruh harapan besar kepada Dinas Perikanan, karena seperti diketahui Provinsi Banten telah mengandalkan Lumbung Pangan nya salah satunya  di Pandeglang ini, lumbung pangan suatu daerah bukan hanya di bidang pertanian saja, tetapi di bidang perikanan juga. Dengan melihat dari kegiatan ini dan situasi serta kondisi di Kabupaten Pandegang, bahwa daerah wisata Cikoromoy nanti dapat dijadikan Ikon Lumbung Protein hewani di Pandeglang, sehingga dengan adanya lumbung protein dapat meningkatkan konsumsi ikan di pandeglang.  ”ungkapnya. (Ns)

About perikanan

Check Also

DINAS PERIKANAN PERSIAPKAN LOKASI BUDIDAYA KERANG HIJAU

Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang mempersiapkan  calon lokasi budidaya kerang hijau. Pengecekan dilaksanakan pada hari Selasa, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *