Tuesday , December 1 2020
Home / berita / Menteri Kelautan dan Perikanan Panen Raya Udang Vaname di Pandeglang

Menteri Kelautan dan Perikanan Panen Raya Udang Vaname di Pandeglang

Udang Vaname hasil Panen bersama Menteri Edhy Prabowo

Pandeglang – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Edhy Prabowo menilai Kabupaten Pandeglang punya potensi Tambak yang bisa dioptimalkan untuk pengembangan usaha Budidaya Udang berkelanjutan. Pernyataan tersebut ia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke PT. Ujung Kulon Sukses Makmur Abadi (UKSMA) sebuah perusahaan tambak udang di Ujung Kulon Kecamatan Sumur, Jum’at (11/8).

Menteri KKP RI yang juga didampingi Bupati Pandeglang Irna Narulita, Anggota DPR RI Komisi I Rizki Aulia Rahman Natakusuma dan sejumlah pejabat KKP juga pejabat daerah termasuk Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang Suae’di Kurdiatna melakukan panen raya udang vaname di perusahaan tersebut.

“Kami akan perjuangkan bantuan sektor Perikanan Tangkap untuk Kabupaten Pandeglang, karena ditengah-tengah pandemi Covid-19 ini pertumbuhan ekonomi berada pada sektor Perikanan, yakni sekitar 16.1%  sesuai Data BPS,” tuturnya.

Menteri Edhy Prabowo memakan Udang Vaname yang baru saja dipanen

Menteri Edhy menilai dari sisi prospek bisnis, budidaya udang jauh lebih menggiurkan dibanding usaha sektor lain. Menurutnya, udang saat ini masih menjadi primadona ekspor dan sangat diandalkan untuk meraup devisa. Disamping itu,usaha budidaya Udang juga memicu multiplier effect bagi penyerapan tenaga kerja dari masyarakat.

“Sementara itu pemilik tambak udang PT. Ujung Kulon Sukses Makmur Abadi (UKSMA) H. Buntaran mengungkapkan bahwa budidaya udang ini masa panen setiap empat bulan, setiap panen menghasilkan 45 ton, melihat usaha kami yang cukup memberikan kontribusi di sektor budidaya udang, tentunya saya berharap kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia bisa memperhatikan para Nelayan terutama nelayan udang, Ia yang mewakili para petambak udang di wilayah Pandeglang sudah lama mendambakanenantikan kedatangan Menteri ke wilayahnya. Alhamdulillah saat ini harapan nelayan tambak dikabulkan, terima kasih Pak Edhy  sudah menyempatkan waktu meninjau tambak kami”, ungkap Buntaran.

Sebagai informasi, total panen udang vaname di PT. UKSMA sebanyak 45 ton dengan masa pemeliharaan selama 105 hari, dengan ukuran 24 ekor per kilogram.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, menyampaikan terima kasih kepada KKP yang siap memberikan bantuan permodalan untuk para petambak udang di Pandeglang, “Saya berterima kasih kepada Pak Menteri , karena beliau mau memberikan bantuan. Beliau menilai bahwa para pekerja yang sudah menguasai  wilayah tambak dan  mau membuka tambak kecil akan diberikan permodalan”.

Kadiskan Suae’di saat bersalaman bersama Menteri Edhy Prabowo

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang Sua’edi Kurdiatna yang juga mengikuti Panen Raya tersebut sangat berterima kasih atas kunjungan Pak Menteri ke Pandeglang, Kadiskan menuturkan bahwa ini merupakan kali ke-2 Pak Edhy Prabowo berkunjung ke Kabupaten Pandeglang. “Pertama ke Kecamatan Panimbang saat saya menjabat sebagai Camat Panimbang dan Pak Menteri saat itu Ketua Komisi IV DPR RI, kemudian kunjungan ke-2 ke Kecamatan Sumur ini beliau sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dan saya sebagai Kepala Dinas”, ungkapnya. (Arsah)

About perikanan

Check Also

KKP GENCARKAN SOSIALISASI DAN BUKA GERAI ASURANSI NELAYAN MANDIRI

Pandeglang – Kepala Dinas Perikanan (Kadiskan) Kabupaten Pandeglang Suaedi Kurdiatna menyambut baik kegiatan Sosialisasi dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *