Tuesday , December 1 2020
Home / berita / KKP GENCARKAN SOSIALISASI DAN BUKA GERAI ASURANSI NELAYAN MANDIRI

KKP GENCARKAN SOSIALISASI DAN BUKA GERAI ASURANSI NELAYAN MANDIRI

Pandeglang – Kepala Dinas Perikanan (Kadiskan) Kabupaten Pandeglang

Suaedi Kurdiatna

menyambut baik kegiatan Sosialisasi dan Gerai Kepesertaan Nelayan pada Asuransi Nelayan Mandiri melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (DJPT KKP) RI, dimana langkah ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/PERMEN-KP/2016 tentang Jaminan Perlindungan atas Risiko kepada Nelayan, Pembudidaya Ikan.

Menurut Kadiskan, kegiatan ini diikuti oleh 50 orang Nelayan dari 35 Kecamatan di Kabupaten Pandeglang, dimana pelaksanaannya dipusatkan di Kantor Kecamatan Panimbang pada tanggal 24 – 25 September 2020.
Direktur Perizinan dan Kenelayanan, Ridwan Mulyana, mengatakan fasilitasi yang dimaksud diantaranya memberikan kemudahan pendaftaran bagi para peserta, memberikan kemudahan akses terhadap perusahaan asuransi, dan melakukan sosialisasi program asuransi kepada nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam, dan perusahaan asuransi.
“Saat ini kami juga sudah bekerjasama dengan lembaga asuransi untuk membantu para nelayan, diantaranya dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Jasindo. Proses sosialisasi dan fasilitasi gerai asuransi nelayan mandiri kali ini kita laksanakan di Kecamatan Panimbang yang melibatkan nelayan dari 35 Kecamatan se-Kabupaten Pandeglang,” terang Ridwan.
Adapun manfaat dalam asuransi ini adalah pemberian perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk masyarakat kelautan dan perikanan meliputi jaminan kerja dan jaminan kematian.
“Sosialisasi mengenai pentingnya nelayan untuk memiliki asuransi terus kami lakukan. Saat ini sudah cukup banyak nelayan yang memiliki asuransi, namun yang ingin kami dorong adalah asuransi nelayan mandiri. Nelayan yang tadinya sudah memiliki asuransi dengan bantuan pemerintah saat ini, diharapkan dapat meneruskan asuransinya dengan biaya mandiri”.
DJPT KKP juga mendorong penumbuhan minat anggota kelompok usaha bersama (KUB), lembaga sosial masyarakat sebagai agen perasuransian nelayan dan peningkatan kerja sama dan dukungan antar lembaga dengan pemerintah daerah, lembaga perasuransian, penyuluh perikanan serta pihak lainnya.
Ridwan Mulyana menyampaikan kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan inovasi, kompetensi dan manajemen usaha nelayan dalam meningkatkan produktivitas, jelas Ridwan. *AR

About perikanan

Check Also

Keberadaan Docking Kapal Sangat Dinanti Nelayan

Pandeglang – Menindaklanjuti permohonan izin Pembangunan Galangan Kapal (Docking), Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang Suaedikurdiatna menugaskan Plt. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *