Jakarta – (18/03/2021). Penyelenggaraan survey nasional Angka Konsumsi Ikan (AKI) tahun 2021, dimulai dengan tahap pelatihan untuk para Enumerator di seluruh Indonesia. Pelatihan langsung dimulai di hari pertama setelah acara dibuka oleh Kepala Subdit Pemetaan dan Akses Pasar dalam Negeri, Direktorat Pemasaran KKP Bapak Harun AS.S.St.Pi,MP pada hari Kamis, 17 Maret 2021. Acara bertempat di Novotel Cikini, Jakarta Pusat. Para perwakilan calon Enumerator dari tiap dinas terkait di Provinsi Banten dan DKI Jakarta menghadiri secara langsung dan yang berada di luar Provinsi tersebut mengikuti via daring melalui Zoom Meeting.

Pelatihan dibagi menjadi beberapa sesi dengan tujuan untuk memfokuskan para enumerator memahami mekanisme pengambilan dan penginputan data AKI pada Aplikasi buatan Kementerian Kelautan Perikanan. Target dari pencatatan AKI tahun ini diharapkan memiliki keragaman data dari setiap provinsi sampai tingkat kabupaten/kota. Meskipun memiliki target keragaman data, metode yang akan digunakan dalam pengambilan sampel AKI berupa Purposive Sampling (Pengambilan sample dengan variable yang ditetapkan, tidak mengacak).

Enumerator AKI Kabupaten Pandeglang mendapatkan jadwal pelatihan di Sesi 4 bersama para Enumerator dari Dinas terkait Provinsi Banten. Dinas Perikanan Pandeglang, mengirimkan 2 staf Bidang Maritim Bisnis dan Olahan Perikanan untuk mewakili Diskan dalam mensukseskan program survery nasional AKI ini atas nama Deras Adilwiweko (24) dan Juhrotul Aeniah (26). 

Pelatihan dimulai dengan sosialisasi tentang mekanisme survey AKI dan penggunaan aplikasi akikkp.org Penggunaan aplikasi dapat mempermudah penginputan data karena didalamnya sudah terdapat kuisioner otomatis beserta panduannya, diharapkan validasi data dan akurasi data dapat terlaksana dengan efektif dan efisien.

Foto bersama Panitia dan peserta usai penutupan pelatihan

“Menghadirkan perwakilan teman-teman enumerator disini bukan hanya karena ada di wilayah dekat kami, tetapi supaya menjadi role model untuk sosialisasi program perhitungan AKI 2021 beserta pengenalan aplikasi, sehingga kita bisa mengevaluasi secara trial & error tentang mekanisme aplikasi ini”, ujar Harun.

Workshop perhitungan Aki 2021 ditutup oleh Harun selaku Kepala Subdit Pemetaan dan Akses Pasar dalam Negeri, Direktorat Pemasaran KKP yang dalam arahannya ia “mengharapkan kepada para enumerator agar benar-benar memperhatikan keakurasian data supaya validasi data tidak memerlukan waktu yang lama dan data bisa segera dipublish ke publik”, tutupnya. *DA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *